Sabtu, 14 Mei 2016

Fungsi Kanstin Beton Jalan, Trotoar dan Car Stopper

Fungsi Kanstin Beton Jalan, Trotoar dan Car Stopper


Kanstin / Kerb adalah salah satu produk beton pracetak yang dipasang sebagai pembatas antara jalan dengan paving block trotoar. Kanstin ini terkadang juga difungsikan sebagai car stopper pada area parkir mobil.

     Seringkali, pedestrian (trotoar) mempunyai elevasi yang lebih tinggi daripada jalan, sehingga digunakan kanstin ini sebagai pembatas, sekaligus meninggikan elevasi trotoar. Selain itu pemasangan kanstin juga dapat menambah nilai estetika dan kerapihan dari trotoar jalan.

     Kanstin terdiri dalam berbagai macam bentuk dan ukuran. Setiap pabrikan beton mempunyai bentuk dan ukuran sendiri-sendiri, sehingga variasi kanstin yang ada di pasaran sangatlah banyak. Mulai dari panjang 40 cm hingga 60 cm, dengan tinggi yang bervariasi pula yaitu 20 cm, 25 cm, 28 cm hingga 30 cm. Dan harga kanstin menyesuaikan besar kecilnya ukuran kanstin tersebut.

     Bila dilihat dari proses produksinya, kanstin terdiri dari 2 jenis yaitu kanstin dengan metode wet cast (cetak basah) ataupun dengan dry cast (cetak kering). Beda dari kedua metode ini ada di visual performance (penampakan). Wet cast akan terlihat lebih halus, dan sedikit pori bila dibandingkan dengan metode dry cast. Akan tetapi, kekuatan dari kedua metode produksi ini tidak memiliki perbedaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar